Lomba Tingkat Pramuka

Sekarang lagi musim Lomba Tingkat (LT) Pramuka, yang dimana lomba itu berjenjang dari kelurahan, kecamatan, kabupaten (kota), Provinsi dan terakhir nasional. Dulu saya seorang pramuka (sebenernya pramuka gag kenal pensiun), namun sekarang saya sudah tidak aktif lagi. Kegemaran pramuka dimulai dari kelas 3 SD sampai kelas 3 SMA. Di SD karena gag ada ekstrakurikuler selain pramuka (dulu di SD saya pramuka wajib). Di SMP karena SMP 1 Yogyakarta adalah jagoan pramuka di provinsi Yogyakarta. Dan di SMA Taruna Nusantara, karena memiliki tanggung jawab besar setalah SMP aktif pramuka.

Menyenangkan menjadi seorang pramuka, selain mengisi waktu luang, kegiatan ini yang pertama kali mengajarkan kepada saya kedisiplinan, pertemanan dan kepemimpinan. Mantep kan… Sekarang saja masih hafal Dasadarma Pramuka.

  • Dasa Dhamra Pramuka
  • Pramuka itu:
  • 1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • 2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  • 3. Patriot yang sopan dan ksatria
  • 4. Patuh dan suka bermusyawarah
  • 5. Rela menolong dan tabah
  • 6. Rajin, Terampil dan Gembira
  • 7. Hemat, Cermat dan Bersahaja
  • 8. Disiplin berani dan setia
  • 9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  • 10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

Balik ke topik lagi, sekarang lagi musim omba tingkat, terakhir saya dengar, Pramuka SMP 1 sedang mengikuti LT 3. Masalah lomba tingkat, dulu saya sampai level nasional alias LT V, atau LT nasional. Namun saya hanya mendapat peringkat 3 dari semua provinsi di Indonesia, dan saya adalah pratamanya (kebanggaan tersendiri, bisa dilihat di foto). Dan saya berharap, sekarang adek-adek saya bisa meneruskan perjuangan kami, paling tidak, sampai di level nasional dan juara 3 besar…

Dulu masih aktif buat nyari TKK dan ningkatin TKU, seneng kalo bajunya banyak tambalannya (tanda TKK) apalagi sampai segi lima.. mantep deh tu…

Nasib pramuka sekarang, nasibnya gmana ya… over all, mati segan, hidup pun tak mau… Tapi banyak juga yang berjaya. Pramuka itu sebuah wadah pembinaan anak remaja, jadi kalo wadahnya disesuaikan sama kondisi sekarang sepertinya tetep akan bagus. Banyak kegiatan yang mencerminkan remaja sekarang. Banyak kegiatan yang berhubungan dengan teknologi, alam liar dan outbond serta tantangan…

Mantep ini nostalgia dengan pramuka…!!! Agar Jaya, Indonesia. Indonesia… kami, jadi, pandu mu…!!!

kami pramuka Indonesia, manusia pancasila

satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan

agar jaya, indonesia.

Indonesia, tanah airku

kami jadi pandumu

-hymne pramuka-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About akutaruna


5 responses to “Lomba Tingkat Pramuka

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

